Self Hosted WordPress VS WordPress.com Mana Yang Lebih Baik?

Pada postingan sebelumnya kita sudah membahas tentang Pengertian Self Hosted WordPress yang wajib anda pahami. Meskipun keduanya merupakan perusahaan yang sama namun layanan yang mereka berikan amatlah berbeda, karena itu pada kesempatan kali ini kita akan bahas perbandingan antara Self Hosted WordPress Vs WordPress.com. Manakah yang lebih baik ? 

Kelebihan WordPress.com

1. Space Unlimited

Seperti yang kita ketahui, WordPress.com menerapkan sistem yang hampir serupa dengan blogger, yaitu free hosting. jadi anda bisa posting sebanyak mungkin tanpa takut kehilangan space hosting.

2. Tidak membutuhkan domain untuk memulainya

Mungkin banyak diantara kita yang pernah melihat sebuah situs dengan nama domain seperti situs-saya.wordpress.com. Dilihat dari namanya saja sudah ketahuan kalau situs ini menggunakan layanan dari wordpress.com. jadi setiap user yang mendaftar di wordpress.com akan diberikan domain gratis dengan embel – embel .wordpress.com. Embel – embel ini tidak dapat dihilangkan kecuali   membayar sejumlah nominal tertentu atau membeli nama domain sendiri.

3. Gratis

Sudah menjadi rahasia umum kalau kita mau membuat website dengan layanan dari WordPress.com kita cukup bermodalkan email saja maka bim salabim.. website kita sudah jadi 😀

Kekurangan WordPress.com

1. Terikat dengan wordpress

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, setiap pengguna layanan WordPress.com pasti akan mempunyai embel – embel yang akan hilang jika kita membeli domain pribadi. Embel – embel ini merupakan bagian yang menandakan bahwa website anda merupakan bagian dari WordPress.com. Namun yang harus diperhatikan adalah, meskipun website anda adalah bagian dari WordPress.com namun dalam hal ranking tidak akan ikut WordPress.com.

2. Tidak dapat menginstall plugin tambahan

Bagi anda yang menggunakan layanan dari WordPress.com coba anda perhatikan menu di Dashboard. Adakah menu plugin disana? Ya.. jawaban anda benar, tidak ada menu plugin di Dashboard WordPress.com. Kenapa? ya karena tidak diijinkan, udah gratis kok banyak minta.. 😀

3. Tidak dapat mengupload tema sendiri

Seperti halnya plugin, Upload tema sendiri juga tidak dijiinkan oleh WordPress.com. Pengguna hanya bisa melakukan pencarian tema yang tersedia melalui menu search theme.

4. Tidak dapat merubah Script

Untuk kasus yang ini, mari kita pakai logika saja. Kalau install plugin dan upload tema saja tidak diijinkan apalagi merubah – rubah script.. ya wordpress.com memang kejam namun baik hati.. lho kok baik hati? lha itu nyatanya gratis.. hehehe

itulah beberapa kekurangan dan kelebihan WordPress.com berdasarkan pengalaman pribadi. Oke sekarang mari kita bahas kelebihan dan kekurangan Self Hosted WordPress.

Kelebihan Self Hosted WordPress

1. Tidak ada ikatan dengan WordPress

Tidak seperti WordPress.com, bisa dibilang ketika kita menggunakan self hosted WordPress kita sudah terlepas dari WordPress meskipun kita tetap memberi mereka Backlink dan mematuhi TOS nya WordPress.

2. Akses Penuh

Jika dalam WordPress.com kita banyak dibatasi, hal ini tidak berlaku bagi Self Hosted WordPress. kenapa? ya karena kita diberi akses penuh. kita dapat menginstall plugin sebanyak mungkin, mengupload tema sebanyak – banyaknya, dan yang paling penting kita dapat memodifikasi script sesuka kita, inilah nikmatnya Self Hosted WordPress.

Kekurangan Self Hosted WordPress

1. Membutuhkan Domain dan Hosting untuk instalasi

Jika pada WordPress.com kita sudah dibekali Domain dan Hosting gratis, pada self hosted WordPress kita harus menyediakan Domain dan Hosting sendiri. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan domain dan hosting gratis, namun menurut saya lebih baik keluar sedikit modal untuk membeli Domain dan Hosting yang berkualitas daripada menggunakan Domain dan Hosting gratisan yang kualitasnya masih diragukan. Salah satunya Anda bisa mempertimbangkan layanan WordPress hosting dari Niagahoster. Selain kemudahan instalasi dengan auto installer Softaculous, WordPress Anda juga didukung oleh teknologi yang akan memaksimalkan performa dan keamanan website Anda seperti penggunaan SSD, server CloudLinux, Apache + LiteSpeed, Auto Backup, hingga fitur SEO tools. Anda juga akan mendapatkan fasilitas domain gratis, garansi uptime, dan garansi 30 hari uang kembali.

Itulah sedikit ulasan tentang Self Hosted WordPress Vs WordPress.com. Sekarang anda bebas menetukan mau memilih yang mana, tapi saran saya, jika anda mau membuat website professional lebih baik anda menggunakan Self Hosted WordPress. tentunya anda harus memahami terlebih dahulu Cara Instalasi Self Hosted WordPress sebelum anda menggunakannya.

Widi Hastomo

Hai, Nama saya Widi Hastomo. Saya adalah seorang software enginer yang punya passion di bidang web development. Saya sudah berada di dunia web development sejak tahun 2014 dan saat ini berdomisili di semarang, Jawa Tengah.

Self Hosted WordPress VS WordPress.com Mana Yang Lebih Baik?