Pengertian Self Hosted WordPress

Hai para Webmaster.. Kali ini saya mau membahas tentang Self Hosted WordPress. Mungkin bagi mastah – mastah yang sudah senior kalimat Self Hosted WordPress bukan hal yang asing lagi, bahkan mungkin sudah menjadi makanan sehari – hari. Oke gak usah basa – basi, langsung saja kita bahas hingga terkelupas *hlo.

Pengertian Self Hosted WordPress

Pada dasarnya Self Hosted WordPress dan WordPress biasa sama, yang membedakan adalah penyedia layanannya. Jika WordPress biasa merupakan layanan dari WordPress.com, Self Hosted WordPress ini merupakan layanan yang disediakan oleh WordPress.org.

Hal lain yang membedakan Self Hosted WordPress dan WordPress biasa adalah jika pada WordPress biasa user tidak memerlukan Hosting, maupun Domain untuk dapat membulai membuat website. Bisa dikatakan WordPress ini seperti Blogger, hanya saja Domain yang digunakan adalah namadomain.wordpress.com. Berbeda dengan WordPress dari WordPress.com, Self Hosted WordPress membutuhkan sebuah hosting dan nama domain untuk dapat digunakan.

Intinya Self Hosted WordPress itu digunakan sebagai Engine ( mesin ) website kita, jadi kita tidak perlu susah – susah membangunnya dari awal, para mastah yang jago pemrograman web pasti tau sulitnya membangun sebuah engine website.

Untuk lebih jauhnya pastikan anda menyimak Kelebihan dan kekurangan Self Hosted WordPress dan WordPress.com sebelum anda memutuskan mau menggunakan yang mana. Website Hastomo Network ini merupakan salah satu contoh Self Hosted WordPress 🙂

Widi Hastomo

Hai, Nama saya Widi Hastomo. Saya adalah seorang software enginer yang punya passion di bidang web development. Saya sudah berada di dunia web development sejak tahun 2014 dan saat ini berdomisili di semarang, Jawa Tengah.

Pengertian Self Hosted WordPress