Home > Pidato > Contoh Pidato Hari Pendidikan Nasional Terbaru

Contoh Pidato Hari Pendidikan Nasional Terbaru

hari pendidikan nasional Contoh Pidato Hari Pendidikan Nasional Terbaru

Hai sobat Hastomo Network.. tidak terasa sebentar lagi kita akan memperingati salah satu hari bersejarah di Indonesia yaitu Hari Pendidikan Nasional atau yang biasa dikenal dengan sebutan Hardiknas. Karena itu untuk turut serta memperingati Hari Pendidikan nasional, Hastomo Network ingin berbagi beberapa teks pidato tentang Hari pendidikan Nasional ( Hardiknas ) yang mungkin bermanfaat untuk anda.

Pidato Hardiknas 1

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakaatuh.

Saudara – saudara sebangsa setanah air yang tercinta,Pertama – tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur terhadap Allah SWT, atas rahmat serta hidayahnya yang telah dicurahkan kepada kita semua, sehingga pagi yang cerahini kita bisa berkumpul dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional.

Mudah – mudahan dalam pertemuan kita pada saat ini senantiasa membawa kebaikan di dunia maupun di akhirat kelak.Hadirin yang berbahagiaHari ini tepatnya tanggal 2 Mei tahun . . . . . . . seluruh bangsa Indonesia memperingati hari Pendidikan Nasional. Dalam memperingati hari bersejarah ini tentunyakita akan ingat tokoh pendidikan Nasional, yaitu Ki Hajar Dewantoro.

Beliau merupakanpelopor pendidikan putra – putri bangsa Indonesia, beliau merupakan pendobrak kebodohan bangsa Indonesia dari zaman kebodohan menuju zaman kepandaian. Saudara – saudara sebangsa, dan setanah air yang dirahmati Allah.Pendidikan bagi bangsa Indonesia mempunyai arti yang sangat penting, karena kemajuan bangsa Indonesia tidak lepas dari pendidikan yang telah dicapai.

Bila masyamaraktnya suatu negara berpendidikan, maka negara pun akan maju, sebaliknya, bila bangsa Indonesia tidak memperhatikan pendidikan, tidak mungkin bangsa Indonesia bisa maju seperti ini. Hadirin yang berbahagia. Dalam hal ini tentunya membawa dampak yang sangat baik,bila pendidikan itu betul – betul diterapkan dalam kehidupan ini. Sehingga tidaklah sama antara orang berilmu dengan orang yang tidak berilmu.

Berkaitan dengan permasalahan tersebut Allah telah menegaskan dalam firmanNya, Saudara – saudara sebangsa setanah air yang dirahmati Allah. Ketahuilah bahwasannya menuntut ilmu bagi seorang muslim merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan, dalam hal ini sebagaimana yang dijelaskan nabi SAW.

Saudara – saudara sebangsa, setanah air yang tercinta. Demikian pidato kami secarasingkat dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional, tanggal 2 mei tahun . . . . . . . .mudah – mudahan pertemuan kita pada pagi hari ini senantiasa mendapat ridla Allah SWT.

Bagi kami kurang lebihnya mohon maaf.

Billahi taufiq wal hidayat.Wassalamualaikum Warahmatullah Wabarakaatuh

Pidato Hardiknas 2

Selamat siang,Yang Terhormat, Koordinator Lokasi …….. ,Yang Terhormat, Kepala Sekolah SMP ……….. , Bpk/Ibu……… ,Yang Terhormat, guru-guru SMP ……….. dan yang Terkasih, teman-teman semuanya.

Pertama-tama, saya ingin mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kesempatan yang diberikan kepada saya pada hari ini. Saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran bapak, ibu dan teman-teman dalam acara memperingati Hari Pendidikan Nasional. Dalam kesempatan kali ini, saya akan berbicara mengenai suatu topik, yaitu untuk pentingnya memiliki cita-cita sehingga dapat memotivasi siswa siswi dalam belajar.

Apa itu cita-cita? Pentingkah memiliki cita-cita? Cita-cita adalah tujuan yang ingin dicapai dan kita akan berusaha untuk menggapainya. Bila kita tidak memiliki cita-cita, kita tidak memiliki tujuan dalam hidup ini. Kita tidak tau apa yang akan kita lakukan dalam hidup ini. Hidup tanpa cita-cita seperti berjalan tanpa arah, kita tidak tahu apa tujuan kita berjalan, kemana kita berjalan. Seperti kita ingin pergi menonton film di bioskop, maka kita akan pergi ke mall, lalu berjalan menuju bioskop, membeli tiket dan akhirnya menonton.

Kita melalukan hal tersebut karena kita memiliki tujuan yaitu nonton. Apabila kita tidak memiliki tujuan, maka ketika kita di mall, kita hanya akan berkeliling mall dan jalan-jalan tanpa arah yang jelas. Cita-cita sangat penting dalam hal apapun, sebab cita-cita tersebut akan mengarahkan kemana kita akan melangkah. Dengan adanya cita-cita, maka kita memiliki suatu target yang akan dicapai sehingga kita akan berusaha untuk mencapai target itu. Cita–cita memang akan memudahkan kita dalam melangkah, tapi kalau kita tidak pernah melangkah, cita-cita tersebut akhirnya hanya akan menjadi cita-cita, tanpa menjadi kenyataan. Oleh karena itu, kita jangan hanya bercita-cita, tapi kita harus melakukan tindakan yang nyata.

Tindakan yang bisa kita lakukan adalah dengan belajar. Dengan belajar, kita akan memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas sehingga terbuka lebih banyak kesempatan bagi kita untuk mencapai cita-cita itu sendiri.Bila kita memiliki cita-cita, kita akan memiliki semangat belajar yang tinggi karena kita tau kita belajar untuk mencapai cita-cita kita. Jika kita tidak memiliki cita-cita, maka tidak ada motivasi dalam diri kita untuk belajar. Kita akan menganggap bahwa belajar itu membosankan dan melelahkan. Kita tidak mengerti apa fungsinya kita belajar.

Cita-cita tersebut sebagai dorongan bagi kita untuk terus belajar dan berprestasi. Dengan memiliki cita cita, kita akan belajar sebaik-baiknya dan tidak merasa terbebani sehingga belajar tersebut menjadikan kita lebih berkembang dan maju. Oleh sebab itu, cita-cita itu sangatlah penting agar kita lebih termotivasi dalam belajar. Saya berharap agar teman-teman dapat belajar dengan sungguh-sungguh dan mencapai cita-cita kalian.

Terima kasih atas perhatian bapak, ibu dan teman-teman sekalian. Bila ada kata-kata yang tidak berkenan, saya minta maaf. Sekian dari saya, terima kasih.

Itulah beberapa teks pidato tentang Hari Pendidikan Nasional ( Hardiknas ) yang dapat saya bagikan, anda dapat mendownload lebih banyak pidato tentang Hari Pendidikan nasional dengan beragam versi Disini

Semoga bermanfaat :).

Scroll To Top