Variabel Dalam PHP

Sebelum membaca artikel ini saya harapkan anda sudah benar – benar paham tentang Struktur Dasar PHP agar anda lebih mudah memahami Variabel dalam PHP. Dalam pemrograman PHP atau pemrograman apapun kita perlu memahami yang namanya Variabel. Variabel merupakan perintah yang digunakan sebagai tempat penyimpanan data sementara, artinya data yang disimpan dalam variabel akan hilang setelah program selesai dieksekusi.

Deklarasi Variabel

Untuk dapat menggunakan Variabel, maka Variabel tersebut harus dideklarasikan ( perkenalan / pemberian nama ) terlebih dahulu. Pendeklarasian Variabel di PHP yang benar adalah :

1. Diawali dengan karakter $
2. Diikuti dengan huruf alphabet sebagai karakter pertama atau karakter under score ( _ ),
3. Karakter ke dua dan selanjutnya bisa merupakan kombinasi karakter huruf alphabet, numerik, atau under score ( _ ).
Contoh pendeklarasian nama variabel yang benar :

Contoh pendeklarasian nama variabel yang salah :

Inisialisasi Variabel

Inisialisasi variabel adalah proses pengisian nilai awal kepada sebuah variabel. Proses inisialisasi sederhana adalah menggunakan assignment ( = ).

Berikut contoh pemberian harga awal kepada variabel.

Untuk penerapannya anda dapat membuat Listing program berikut :

Simpan dengan nama variabel.php lalu jalankan di browser. ingat untuk menjalankan file php agar bekerja anda harus menjalankannya pada localhost. inilah fungsinya saya menyarankan anda membaca terlebih dahulu artikel tentang struktur dasar PHP. Jika tidak terjadi kesalahan maka ketika ditampilkan di browser akan menghasilkan tampilan sebagai berikut :

 

Widi Hastomo

Hai, Nama saya Widi Hastomo. Saya adalah seorang software enginer yang punya passion di bidang web development. Saya sudah berada di dunia web development sejak tahun 2014 dan saat ini berdomisili di semarang, Jawa Tengah.

Variabel Dalam PHP

Tagged on: