Tipe Data Dalam PHP

Tipe data adalah hal yang mutlak di semua bahasa pemrograman. Namun berbeda dengan bahasa pemrograman lainnya, dalam bahasa pemrograman PHP hanya mengenal tipe data klasik (sederhana) yaitu numerik ( integer dan float ) dan string literal . Ditambah dengan dua tipe data compound yang tidak sederhana, yaitu array dan object .

Tipe Data Numerik Integer dalam PHP

Tipe data numerik adalah tipe data yang berhubungan dengan angka. Tipe data Numerik dalam PHP dapat menyimpan angka dengan jangkauan dari -2 milyar sampai +2 milyar bilangan bulat (integer ).

Contoh angka numerik Bilangan Bulat :

  • 15
  • -7
  • 4000
  • O12 — octet

Tipe Data Numerik Pecahan dalam PHP

Selain untuk menyimpan angka dalam bilangan bulat, tipe data numerik juga dapat digunakan untuk menyimpan bilangan pecahan (floating point), contoh :

  • 1969.25
  • 25e10 bilangan exponential

Tipe Data String dalam PHP

Tipe string (literal) adalah tipe data yang digunakan untuk menyimpan data berupa kumpulan huruf, kata, dan angka, contoh :

“Widi Hastomo” — menggunakan double quote “ ( petik ganda )

‘http://hastomo.net’  — menggunakan apostrophe ‘ ( petik tunggal )

Penggunaan apostrophe ‘ dan double quote” pada prinsipnya sama, perbedaannya adalah pada saat menampilkan isi sebuah variabel string dengan perintah print atau echo, maka penggunaan apostrophe tidak akan menampilkan isi variabel tersebut.
Contoh program aposthrope.php :

 Ketika program tersebut dijalankan maka akan menghasilkan tampilan sebagai berikut :

Dari tampilan diatas terlihat bahwa variabel yang menggunakan apostrophe tidak akan dieksekusi oleh program sehingga hanya menampilkan scripnya saja.

Tipe Data Boolean dalam PHP

Tipe boolean adalah tipe data yang hanya memiliki dua tipe yaitu bernilai benar (true) atau salah (false). Untuk menguji salah (false) dapat digantikan oleh (integer) 0, (float) 0.0 atau (string kosong) “”, sedangkan kalau diganti nilai selain itu akan dianggap benar (true).
Pada PHP nilai boolean secara otomatis akan disertakan pada setiap variabel, tergantung pada nilai yang disimpan pada variabel tersebut.

Berikut ketentuan dari nilai boolean setiap variabel :

  • Jika variabel berisi data numerik Integer atau Float, maka variabel tersebut akan bernilai FALSE apabila isinya 0, demikian sebaliknya bernilai TRUE kalau isinya bukan 0.
  • Jika variabel berisi String, maka variabel akan bernilai FALSE jika berisi string kosong “”, dan bernilai TRUE jika tidak kosong.
  • Jika variabel berupa Array, maka variabel akan bernilai FALSE apabila array tersebut tidak memiliki anggota (elemen), dan berisi TRUE jika memiliki anggota (elemen).
  • Jika variabel berupa Object, maka variabel akan bernilai FALSE apabila object tersebut tidak memiliki variabel dan fungsi, dan berisi TRUE jika memiliki variabel dan fungsi.
  • Jika Object tersebut belum terdefinisikan, maka object tersebut bernilai FALSE, termasuk didalamnya suatu variabel yang belum didefinisikan.

PHP memiliki keyword true dan false untuk menyatakan nilai booleannya, yang menyatakan secara eksplisit suatu variabel yang khusus untuk menyimpan nilai boolean.

Berikut contoh program yang menggunakan tipe data boolean :

 Ketika program tersebut dijalankan di browser maka yang akan tampil adalah :

Dari gambar diatas sudah jelas terlihat bahwa nilai default php untuk true adalah1 dan untuk false adalah kosong

 

Karakter Escape

Selain beberapa tipe data diatas, pada PHP juga terdapat karakter khusus yang digunakan untuk mewakili karakter ASCII dengan fungsi khusus, misalnya ganti baris, tabulasi, dll. Karakter Escape ini sering juga digunakan untuk menampikan tanda khusus seperti karakter $. Karakter ini ditulis dengan awalan back slash ( \ ) yang disebut Escape Character .

Berikut beberapa contoh karakter escape tersebut :

  • \n line feed (LF atau 0x0A hexa )
  • \r carriage return ( CR atau 0x0D hexa )
  • \t tabulasi horizontal ( HT atau 0x09 hexa )
  • \\ backslash
  • \$ dollar sign
  • \” double-quote

Pada intinya karakter escape ini digunakan agar karakter seperti $ tidak dibaca oleh program sebagai perintah melainkan sebagai karakter atau kalimat.

Widi Hastomo

Hai, Nama saya Widi Hastomo. Saya adalah seorang software enginer yang punya passion di bidang web development. Saya sudah berada di dunia web development sejak tahun 2014 dan saat ini berdomisili di semarang, Jawa Tengah.

Tipe Data Dalam PHP

Tagged on: