Struktur Dasar PHP

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas Persiapan untuk memulai pemrograman PHP, kini saatnya kita masuk kedalam pemrograman PHP. Namun sebelum memulai koding lebih baik anda memahami terlebih dahulu pengertian program dan struktur HTML.

Setiap program PHP disebut dengan script. Script berupa file teks yang dapat dibuat dengan menggunakan program editor file teks seperti Notepad, vi, DreamWeaver, EditPlus dan sebagainya. Bagian awal yang akan kita pelajari disini adalah mengenai struktur sebuah program PHP. yang paling penting dalam penulisan program PHP adalah peletakannya.

Program harus ditulis di antara tag seperti dibawah ini : ƒ

Pada cara 3 dan 4 disediakan untuk mengakomodasi para pemrogram ASP yang terbiasa menggunakan tag <%  … %> dalam membuat script ASP. Dan cara ini hanya bisa dilakukan apabila nilai asp_tags pada file php.ini diberi nilai On . Anda dapat memilih salah satu dari tag – tag tersebut. Namun yang harus diperhatikan adalah setiap tag tersebut harus menggunakan tag pembuka dan tag penutup yang sesuai. misalnya jika anda menggunakan tag pembuka <? maka harus ditutup dengan menggunakan tag penutup berupa ?>.

Kemudian seperti bahasa pemrograman yang lain, pada PHP setiap akhir penulisan satu statement (perintah) harus diakhiri dengan titik-koma (;) misal :

Penggunaan tanda titik koma tersebut dimaksudkan sebagai pemisah antar perintah dalam program

Pada penulisan programnya PHP tergolong unik karena dia menggunakan CASE SENSITIVE untuk nama identifier yang dibuat oleh user (berupa variable, konstanta, fungsi dll), namun TIDAK CASE SENSITIVE untuk identifier built-in dari PHP. Jadi : ƒ

  • $nama ≠ $Nama ≠ $NAMA
  • ƒhitungLuas() ≠ HitungLuas() ƒ
  • echo = ECHO ƒ
  • while = WHILE

Sekarang cobalah untuk membuat file php pertama anda. Ketikkan kode berikut :

Simpan kode program tersebut lalu simpan dengan nama Hello.php . Pastikan sebelum membuka file tersebut anda harus mengaktifkan XAMPP di komputer anda dan meletakkannya di direktori XAMPP > htdocs > Nama Folder anda. Untuk membuka file tersebut anda harus mengetikkan di browser localhost/namafolder/Hello.php. Metode penampil ini harus dilakukan untuk membuka file php karena file php hanya dapat dijalankan pada web server.

Widi Hastomo

Hai, Nama saya Widi Hastomo. Saya adalah seorang software enginer yang punya passion di bidang web development. Saya sudah berada di dunia web development sejak tahun 2014 dan saat ini berdomisili di semarang, Jawa Tengah.

Struktur Dasar PHP

Tagged on: