Struktur IF Dalam PHP

Struktur if dalam PHP merupakan struktur kontrol pemilihan atau pengambilan keputusan yang digunakan untuk pemeriksaan apakah perintah-perintah yang ada di blok if dikerjakan atau tidak. Perintah-perintah di blok if akan dikerjakan apabila nilai dari ekspresi yang di uji pada if bernilai benar (true).

Ekspersi akan bernilai true jika ekspresi tersebut menghasilkan suatu nilai tidak sama dengan 0 atau kosong (lihat pembahasan tentang tipe data boolean).

Struktur If dalam PHP

Sintax struktur if paling sederhana adalah sebagai berikut  :

Perintah dalam if akan dijalankan ketika ekspresi bernilai benar. Cara 1 digunakan jika perintah dalam if hanya 1 baris saja, sedangkan untuk perintah dengan jumlah baris lebih dari 1 harus menggunakan Cara 2.

Untuk lebih jelasnya anda dapat mencoba program berikut :

 Tampilan program di browser :

 

Dari tampilan program tersebut dapat terlihat bahwa program hanya akan menjalankan perintah dengan kondisi bernilai benar yaitu

sedangkan perintah yang lain tidak akan dieksekusi karena kondisinya salah dan tidak akan tampil dalam browser.

Struktur If – Else dalam PHP

Struktur If – Else adalah struktur kontrol lanjutan dalam pemilihan keputusan. perbedaannya dengan If dasar adalah jika pada If dasar hanya terdapat satu kondisi saja, sedangkan pada If – Else terdapat dua kondisi yang harus dipilih dalam pemilihan keputusan.

Sintaks struktur If – Else :

Kontrol if…else digunakan untuk memberikan alternatif urutan perintah yang harus dilaksanakan apabila ada hal proses yang mempunyai dua alternatif benar atau salah. Jadi blok  perintah if akan dikerjakan jika ekspresi pada if menghasilkan nilai benar, sedangkan blok perintah else akan dikerjakan apabila ekspresi pada if menghasilkan nilai salah.

Berikut contoh Program If – Else dalam PHP :

 Tampilan program di browser :

Struktur If – Else if dalam PHP

Struktur ini merupakan pengembangan dari struktur if…else, yang mana jumlah ekspresi yang diuji lebih dari 2, jadi struktur if…elseif ini mengharuskan proses pemeriksaan kembali ekspresi apabila nilai ekspresi pada if bernilai salah. Untuk itu perlu diperiksa lagi apakah benar nilai salah pada bagian if adalah benar untuk bagian else.

Contoh program struktur If – Else if :

 Tampilan program di browser :

Widi Hastomo

Hai, Nama saya Widi Hastomo. Saya adalah seorang software enginer yang punya passion di bidang web development. Saya sudah berada di dunia web development sejak tahun 2014 dan saat ini berdomisili di semarang, Jawa Tengah.

Struktur IF Dalam PHP

Tagged on: