Lingkup Variabel dalam PHP

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang variabel dalam PHP. Kali ini kita masih akan membahas tentang variabel Php namun berdasarkan lingkup variabel tersebut. Lingkup (scope) variabel menunjukkan pemberlakuan dan dikenalinya suatu variabel dan nilainya di dalam script PHP. Ada beberapa jenis variabel berdasar lingkupnya:

Variable Lokal dalam PHP

Variabel lokal adalah variabel yang didefinisikan dalam sebuah fungsi saja sehingaa variabel tersebut hanya dikenali dalam fungsi tersebut. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada program berikut :

 Ketika ditampilkan dalam browser program tersebut akan menghasilkan tampilan sebagai berikut :

Dari tampilan tersebut dalam terlihat bahwa program tidak dapat memanggil perintah pada fungsi sehingga pada saat menampilkan perintah dalam fungsi yang muncul adalah angka tetap yaitu 1993.

Variabel Global dalam PHP 

Variabel Global adalah variabel yang dapat dikenali dan digunakan oleh semua bagian script yang membutuhkannya saat aplikasi tersebut berjalan. Jadi pada intinya variabel ini dapat dipanggil dan ditampilkan dimana saja. Lihat program berikut :

 Dalam program tersebut variabel $a akan didefinisikan sebagai variabel global yang dapat dipanggil semua script. Namun sebuah variabel global tidak boleh melakukan inisialisasi nilai awal misalnya $a=1993; . Penginisialisasian variabel dapat dilakukan dalam tubuh program seperti pada contoh diatas. Berikut tampilan program saat dijalankan di browser :

 

Dapat dilihat bahwa nilai yang tampilkan oleh fungsi sudah berubah hal ini dikarenakan perintah tersebut dapat terbaca oleh tubuh program sehingga dapat dieksekusi.

Variabel Static dalam PHP

Variabel Static adalah variabel yang memungkinkan untuk mempertahankan nilai  terakhir dari sebuah variabel lokal dalam sebuah fungsi sehingga saat selesai di panggil sebuah fungsi akan tetap memiliki nilai terakhir tersebut. Lihat program :

 Dalam program tersebut nilai variabel $a dibuat statis dengan nilai awal adalah 0. mari kita lihat tampilan di browser :

 

Dari tampilan tersebut sudah terlihat bahwa jika suatu variabel di setel sebagai variabel statis maka dia hanya akan mengeksekusi dirinya sendiri dan tidak mempengaruhi variabel lain.

Widi Hastomo

Hai, Nama saya Widi Hastomo. Saya adalah seorang software enginer yang punya passion di bidang web development. Saya sudah berada di dunia web development sejak tahun 2014 dan saat ini berdomisili di semarang, Jawa Tengah.

Lingkup Variabel dalam PHP

Tagged on: