Alasan Memilih Laravel dan Kelebihan Laravel

Bagi kita yang akrab dengan dunia web development mungkin kita sudah mendengar sebuah PHP Framework yang booming akhir – akhir ini yaitu Laravel Framewrok. Lalu kenapa framework ini bisa begitu populer akhir – akhir ini dan kenapa kita harus mencobanya? mari kita bahas lebih lanjut.

Apa sih Laravel itu??

Laravel is a clean and classy framework for PHP web development. Freeing you from spaghetti code, it helps you create wonderful applications, using simple, expressive syntax. Development should be a creative experience that you enjoy, not something that is painful. Enjoy the fresh air!

Intinya adalah Laravel merupakan sebuah PHP Framework yang akan membantu para web developer untuk menciptakan aplikasi istimewa secara simple, kode yang bersih dan menyenangkan.

Lalu apa kelebihannya?? mari kita bahas

Kelebihan Laravel Framework

1. Keren

Tidak hanya situsnya saja yang keren, laravel juga menyajikan sintaks – sintaks yang istimewa. gak percaya? coba lihat sintaks berikut ini :

Apa yang keren dari sintaks diatas? coba lihat komentar yang digunakan dalam sintaks diatas. apa anda melihat apa yang saya lihat? ya… Laravel menggunakan tipe komen yang sama pada setiap sintaks yang mereka gunakan, yaitu tiga baris dengan ujung yang menjorok kedalam sebanyak 3 karakter. apa ini kebetulan? tentu saja tidak. Itulah kenapa Framework ini disebut PHP Framework for Artisan atau Frameworknya para seniman.

2. Sintaks yang manusiawi

Yang saya maksud sebagai sintaks manusiawi disini adalah saat menggunakan laravel kita akan menggunakan sintaks yang mudah dipahami oleh bahasa manusia. misalnya :

Apa anda paham maksud dari sintaks diatas? Kalau tidak paham coba pakai google translate 😀 Ya.. Untuk membuat enkripsi password hanya dibutuhkan sintaks semudah dan sesingkat itu, istimewa bukan?

3. Fitur Eloquent ORM

Fitur ini merupakan fitur yang akan menyederhanakan proses query ke database. misalnya untuk menampilkan semua data pada user hanya perlu sintaks seperti ini :

 Benar – benar tanpa SQL query sedikitpun 😀

4. Full MVC  (Model View Controller)

Pada laravel konsep MVC akan benar – benar diterapkan pada struktur aplikasi yang akan dibuat. Terus kenapa harus pakai MVC segala sih? ribet amat. Ya, mungkin sedikit ribet untuk pengembangan aplikasi dengan skala kecil. Tapi konsep MVC ini akan sangat berguna saat kita mengambangkan aplikasi dengan skala besar karena dengan penggunaan konsep MVC kode program yang dihasilkan akan lebih bersih dan terstruktur. Tentu ini sangat berguna saat akan melakukan update atau maintenance.

5. Composer support

Composer disini bukan composer musik ya.. hehehe. composer adalah sebuah ‘dependency manager’ untuk PHP dimana anda bisa menginstall suatu library melalui composer dan composer akan secara otomatis menginstall library lain yang dibutuhkan, tanpa perlu mendownload library satu persatu. Jadi dengan composer ini anda dapat mengupdate aplikasi yang anda kembangkan dengan mudah.

6. Blade Templating

Blade templating memungkinkan developer untuk membuat template yang lebih terstruktur dan dinamis. Seperti pedang, blade akan memotong – motong struktur pada template sehingga lebih mudah dalam pengembangan. Contoh :

Index dari blade :

Layout blade :

 

Ok.. mungkin beberapa kelebihan laravel tersebut dapat membuat anda menjatuhkan hati anda pada laravel. sebenarnya masih banyak kelebihannya sih.. tapi capek ngetiknya,, hehehe

Oiya jangan segan untuk bertanya ya 🙂

Setelah tahu kelebihannya pada artikel berikutnya saya akan membahas tentang Cara Instalasi Laravel

Widi Hastomo

Hai, Nama saya Widi Hastomo. Saya adalah seorang software enginer yang punya passion di bidang web development. Saya sudah berada di dunia web development sejak tahun 2014 dan saat ini berdomisili di semarang, Jawa Tengah.

Alasan Memilih Laravel dan Kelebihan Laravel

Tagged on: