Teknik Bermain Bola Basket

Setelah sebelumnya kita sudah membahas Sejarah Bola Basket, kini saatnya kita mengetahui Teknik Bermain Bola Basket. Seperti yang kita ketahui sebelumnya, Bola Basket dimainkan oleh dua tim beranggotakan masing – masing 5 orang yang saling berlomba untuk mencetak point dengan memasukkan bola ke dalam ring.

Teknik bermain bola basket sendiri terbagi menjadi dua hal yaitu Teknik dasar dan Teknik professional.

Teknik Dasar Bermain Bola Basket

Dalam bermain bola basket dikenal beberapa gerakan dasar yang harus dikuasai sebelum kita bermain basket secara profesional. Adapun gerakan tersebut adalah :

  1. Teknik Memegang Bola

    Teknik yang benar dalam memegang bola basket yaitu sikap tangan yang membentuk mangkok besar. Bola berada di antara kedua telapak tangan. Telapak tangan menempel di samping bola dengan posisi agak ke belakang, posisi jari terentang menempel pada bola. Ibu jari terletak dekat dengan badan di bagian belakang bola yang menghadap ke arah tengah depan. sedangkan kedua kaki membentuk kuda-kuda dengan salah satu kaki di depan dan posisi badan sedikit condong ke depan dengan lutut yang rileks.

  2. Teknik Menangkap Bola

    Teknik Menangkap bola (catching ball) dalam basket terdiri dari dua macam cara yaitu menangkap bola di atas kepala dan menangkap bola di depan dada. Untuk dapat menangkap bola dengan baik anda harus selalu fokus  memperhatikan bola. Rentangkan jari-jari tangan agak lebar dan pergelangan tangan harus rileks untuk menjemput bola menggunakan telapak tangan. Saat bola masuk di antara kedua telapak tangan, jari tangan segera menempel ke bola dan ditarik ke belakang atau mengikuti arah datangnya bola.

  3. Mengoper Bola ( Passing )

    Ada tiga teknik yang bisa anda lakukan dalam mengoper bola, yaitu

    – mengoper bola dari atas kepala (over head pass),

    – mengoper bola setinggi dada (chest pass), dan

    – melempar bola dengan memantulkannya ke lantai (bounce pass).

  4. Menggiring Bola ( Dribbling )

    Menggiring bola ( dribbling ) adalah usaha yang dilakukan pemain untuk membawa bola menuju ring lawan. Dribbling dilakukan dengan memantulkan bola ke lantai menggunakan satu tangan saja. Ada dua macam teknik menggiring bola yaitu menggiring bola dengan posisi rendah dan menggiring bola dengan posisi tinggi. Menggiring bola dengan posisi rendah bertujuan untuk melindungi bola dari jangkauan lawan. Sedangkan menggiring bola dengan posisi tinggi biasanya digunakan  saat melakukan serangan cepat menuju daerah pertahanan lawan.

  5. Pivot

    Pivot adalah suatu usaha yang dilakukan pemain untuk menyelamatkan bola dari jangkauan lawan dengan salah satu kaki sebagai porosnya, sedangkan kaki yang lain dapat berputar 360 derajat.

  6. Shooting

    Shooting adalah suatu usaha yang dilakukan pemain untuk memasukkan bola ke dalam keranjang atau ring basket lawan untuk meraih poin. Shooting sendiri dapat dilakukan dengan menggunakan dua tangan atau satu tangan.

  7. Lay up

    Lay Up adalah langkah atau loncatan yang dilakukan pemain saat berada didekat ring lawan agar mendapat poin melalui tembakan yang melayang di udara

Teknik Bermain Basket Professional

Tidak seperti teknik permainan dasar, teknik permainan di level professional cenderung lebih sulit dilakukan dan membutuhkan kemampuan yang tinggi. Adapun teknik tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Fade Away

    Fade away adalah teknik tembakan dalam basket dengan mendorong posisi badan kebelakang sehingga menyulitkan defender untuk menghadang bola. Teknik ini cukup sulit untuk dilakukan pemain yang baru belajar basket karena dibutuhkan insting dan keseimbangan yang mumpuni. Bila keseimbangan badan tidak terjaga bisa-bisa terpelanting dan jatuh kebelakang. Teknik ini sering digunakan oleh sang legenda basket NBA seperti Michael Jordan dan Kobe Bryant.

  2. Hook Shoot

     Hook adalah teknik menembak yang sangat efektif digunakan bila pemain dijaga oleh orang yang lebih tinggi dari pemain. Cara menembak dilakukan dari samping dengan satu tangan, sehingga jarak antara orang yang menghadang dan pemain bisa lebih jauh.

  3. Jump Shoot

    Teknik yang satu ini butuh lompatan tinggi, dan akurasi tembakan yang bagus karena tembakan dilakukan dengan melompat tinggi sehingga terjadi suatu tembakan yang liar dan sulit untuk di gagalkan.

  4. Cross Over

    Cross Over merupakan cara dribble dengan cara memantulkan bola dari tangan kiri ke tangan kanan atau sebaliknya. biasanya teknik ini sudah banyak di improvisasi dengan cara memantulkan bola di antara celah kaki.

  5. Slamdunk

    Slamdunk adalah salah satu teknik yang paling populer dan paling berkelas dalam basket. Teknik ini sebenarnya cukup sederhana, yaitu hanya memasukkan bola secara langsung ke dalam ring dan menghempaskan tangan ke ring basket. Namun yang membuat teknik ini sulit adalah dibutuhkan lompatan yang sangat tinggi untuk ukuran orang indonesia agar dapat menggapai ring secara langsung.

Selain Teknik Bermain Bola Basket, hal lain yang harus anda ketahui adalah Peraturan Bermain Bola Basket agar anda tidak salah memainkan olahraga populer ini.

Widi Hastomo

Hai, Nama saya Widi Hastomo. Saya adalah seorang software enginer yang punya passion di bidang web development. Saya sudah berada di dunia web development sejak tahun 2014 dan saat ini berdomisili di semarang, Jawa Tengah.

Teknik Bermain Bola Basket